Ternyata Ini Pengertian Upacara Melukat

Melukat berasal dari kata sulukat yakni su yang berarti baik, dan lukat yang artinya pensucian atau melepaskan. Jadi, melukat adalah adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia.

Umat Hindu di Bali percaya bahwa setiap manusia memiliki sifat diri yang kotor. Sifat tersebut harus dibersihkan dan dibuang dari dalam diri manusia. Maka, muncul ritual melukat untuk membuang dan membersihkan segala hal negatif dari diri manusia, baik secara jasmani maupun rohani.  Dengan demikian, seseorang akan bisa memulai kehidupan baru yang lebih baik di masa selanjutnya.

Upacara ini dilakukan secara turun-temurun oleh umat Hindu hingga saat ini. Biasanya dipimpin oleh seorang pemangku, yang merupakan pemimpimpin upacara keagamaan agama Hindu. Upacara Melukat biasanya dilakukan pada saat bulan purnama, tilem atau pun saat hari besar lainnya.

Proses rangkaian melukat tidak boleh dilaksanakan di sembarangan tempat. Upacara ini umumya dilaksanakan di tempat bersejarah seperti, pura tempat pemandian, sungai, dan pantai yang ada di Bali. Salah satunya adalah Pura Tirta Empul, Tampaksiring, Gianyar, Bali. Setelah Melukat, biasanya masyarakat Hindu Bali akan menganggap diri sendiri menjadi terlahir kembali menjadi suci dan bersih.

Upacara Melukat sering dilakukan beramai-ramai, misalnya oleh sekolah, jawatan, pemerintahan, atau masyarakat setempat. Dan tak hanya umat Hindu yang diizinkan melakukan upacara ini, wisatawan lokal dan mancanegara yang datang sebagai pun diperbolehkan untuk ikut serta.

Leave a Reply