Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali [Hot Thread]

Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali

Halo dunia hari ini,
Ketemu lagi dengan ane di forum kaskus tempat tongkrongan orang-orang senang donk. Nah di kesempatan kali ini ane bakal berbagi pengalaman ane liburan di bali selama 1 tahun full bray.
Maklum lama karena waktu itu ane sedang melarikan diri dari kenyataan hidup, soal nya waktu itu banyak banget masalah yang mampir di jalan ninja ane bray, jadi ane memutuskan buat traveling dan bali tempat yang ane tuju, Kebetulan ane juga punya temen banyak di bali jadi kenapa tidak.
Mungkin lo juga pernah ngerasa kayak gue, bahwa lo bosen sama masalah2 yang selalu mampir di jalan ninja lo lo dan terbisik dalam kepala lo pengen pindah ke kota lain buat memulai hidup baru. Ngaku aja lo tong!
Dan perlu di akui selama hidup di bali banyak banget hal-hal yang gak ada di kota ane bray, bahkan mungkin di daerah daerah seluruh indonesia. Nah berikut hal hal unik yang ane temui selama liburan 1 tahun, cekidot:
1. Banyak banget sajen di segala tempat
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Kalau di daerah lain mungkin sajen di temukan di tempat-tempat yang tertentu, biasanya di gunung atau kuburan keramat. Tapi di bali hampir semua tempat bray, di depan rumah, depan pasar, di depan mall, pokok nya dimana mana.
Nama nya sajen itu Canang sari Bray  itu  merupakan upakāra (perlengkapan) keagamaan umat Hindu untuk sembahyang setiap harinya, sebagai penghormatan terhadap alam, leluhur dan pencipta. so kalau ente sedang berkunjung ke Bali dan melihat canang sari jangan sampai terinjak ya, be respectful!
2. Isi kulkas penuh dengan sesajen
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Jika di rumah lo isi kulkas lo Cuma ada aer, sisa masakan kemarin atau nasi. Tapi di bali masyarakat nya rata-rata isi kulkas penuh dengan sajen bray. Btw itu isi kulkas ibu kost ane. Kalau missal ada upacara bakal penuh lagi tuh kulkas.
3. Waktu nya cepet banget
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Ini  karena perbedaan daerah dan waktu bray, jika lo dari jawa hijrah ke-bali lo bakal merasakan waktu tinggal di bali itu cepet banget. Tiba-tiba udah siang, udah sore dan pagi lagi pokok nya gak kerasa banget.
4. kalender bali beda bada umum nya
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Jadi di bali itu gak gunain kalender biasa bray apa lagi kalender yang di kasih sama caleg yang ada gambar partai nya hahaha. Di bali itu gunain kalender penanggalan saka-Bali, jadi hari libur di Bali tidak sama dengan hari libur di wilayah Indonesia pada umumnya.
5. Banyak Banget pohon, patung dan pura di tutup sama kain hitam putih
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Nah ini bakal lo temui jika lo liburan atau tinggal di bali, yaitu beberapa pohon,ptung dan pura di kasih kain hitam putih. Bukan nya gak ada maksud tapi masyarakat bali itu percaya menutupi sebagaian besar pohon dan patung di sana itu punya arti. kesimbangan alam(Rwa bhida), saput yang artinya kain yang membalut, sedangkan poleng itu untuk warna hitam putih yang merupakan lamang Rwa Bhieda sendiri.
Karena menurut kepercayaan dan adat bali alam semesta sendiri pasti memiliki dua hal yang saling bertentangan seperti hitam putih, baik buruk, siang malam, suka duka serta hidup dan mati. Kedua hal itu saling bertetangan tapi gak akan pernah bisa di pisahkan.
6. Setiap rumah di bali pasti ada pura kecil
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Jika dirumah lo waktu ada tamu dan buka gerbang yang di lihat pertama kali adalah jemuran pakean, di bali beda bray yaitu ada pura kecil atau sanggah. Tujuan pura kecil ini adalah tempat sembayang di rumah mereka.
7. Banyak banget anjing liar yang ramah-ramah
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Di bali tuh banyak banget orang yang melihara anjing bray, dan anjing nya tuh ramah-ramah. Jadi bisa dibilang bali itu surge buat pencinta anjing. Disini gak bakal ada yang berani ngeracun beda sama daerah lain mungkin sekali dua kali mengongong di depan rumah tetangga lo, pagi nya anjing lo bakal mati.
8. Banyak banget yang jual minuman keras
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Mungkin bali bisa dibilang surge nya minuman alcohol, karena dimini market, di warung biasa semua bebes jual minuman keras. Kalau di tempat lain mungkin bakal di grebek di bali bebes, malah ada yang jual ekskrim amer keliling dan jual es jus amer.
9. Lo gak bakal susah bedain cewe SMP dan SMA

Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali

Di bali ada hal unik yang ane perhatiin bray yaitu cewek-cewek SMP dan SMA semua hampir mirip kayak orang dewasa, persis kayak anak kuliahan bray. Tapi bukan berate muka nya boros ya, mereka udah pinter dadan dan pake pakean layak nya orang dewasa ala ala anak sosialita bray.

Cakep-cakep pokok nya, apa lagi pas pake pakean adat bali. Kalau gak percaya coba aja sersing bajang bali atau jejeg bali.
10. Banyak Bule pake bikini jalan satuy di tempat umum
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Ane yakin di indonesia hal bginian Cuma ada di bali bray, kalau missal ada di tempat lain mungkin bakal geger dan jadi tontonan banyak orang. Kalau di bali itu terutama di daerah deket wisata banyak banget bule Cuma pake bikini jalan satuy, bahkan naek motor pun juga Cuma pake bikini.
11. Penjual babi / kuliner babi banyak banget
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Jika ente ke bali jangan heran kalau banyak banget yang jual babi bray, karena masyrakt bali suka banget makan babi, apa lagi makanan khas dan paling enak terbuat dari daging babi nama nya ngelawar (membuat lawar) dimana merupakan tradisi turun temurun di kalangan masyarakat.
Biasanya ngelawar dilakukan pada saat upacara keagamaan seperti hari raya Galungan, Kuningan. Namun jika ada yang penasaran, lawar ini bisa ditemukan di warung atau pasar-pasar yang ada di Bali.
12. Gak ada gedung bercakar langit
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Jika kamu pernah kebali coba dah perhatikan, di bali tu gak ada yang namaya kedung bercakar langit, bukan karena gak maju itu dikarenakan adanya peraturan daerah yang mengatur tinggi maksimum dari suatu bangunan. Beda sama di derah jawa bakal ada gedung-gedung tinggi terutama di kotabesar.
13. jika lo pengen belanja wajib bawa tas sediri
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Mungkin satu satu daerah yang pernah ane jelajahi yang bener-bener sukses menerapkan larangan pengunaan plastic, di alfa dan indo gak tersedia kantong plasitk bray tapi di sediakan tas lain dan itu harus beli 15 ribuan atau gak bawa tas sediri.
14. Aman jika check in/bebas razia
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Di bali gak ada yang nama nya satpol pp razia hotel bray, apa lagi orang-orang sok suci yang ngeluangin waktu nya buat ngrusin hidup orang lain. masyarakt bali percaya bahwa semua hal yang kita lakuin bakal ada karma nya. jadi mereka gak bakal masuk ke ranah pribadi
seseorang.
15. Jarang ada tindak pencurian motor
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Sangat normal kunci motor masih nyantol di parkiran umum dan pas balik motornya masih ada. Aku pernah ke Mall Bali Galleria, trus pas parkir motor kuncinya ketinggalan. Setelah 3 jam an pas balik ternyata kuncinya dijagain tukang parker. tapi ya itu mahal kalau lo parkir di
tampat wisata pake motor bayar 10 ribuan.
16. Gak ada demo yang bakar ban/ kampanye caleg
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Bali jadi tempat yang tenang adalah karena gak orang /mahasiwa yang demo-demo bakar ban terkit politik, apa lagi kampanye caleg yang bikin brisik kuping karena gunain kenalpot kaleng. Mana di bayar nasi kotak doank. Bali anti orang-orang demikian bray. bener bener lo
bisa ngopi dan menikmati waktu lo.
17.  Masyarakat ramah-ramah bukan tanpa sebab
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
Seperti yang di rumorkan banyak orang masyarakat bali rata-rata ramah, tapi karena tanpa sebab bray. Masyarakt bali menjujung tinggi apa yang nama nya timbal balik. Missal gini jika enter amah mereka juga ramah, jika ente gak ramah mereka juga gak ramah. Persis seperti jika lo hargai ane lo bakal ane hargai, dan sebaliknya.
18.cewek cewek yang cantik-cantik
Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali
nah ini yang mesti lo tahu di bali cewek nya cakep-cakep bray, apa lagi pas pake pakean kebaya. bening-bening bray. no edit no hoak coba aja ke bali, di tambah lagi cara ngomong nya tu manja-manja gimana gitu.
Nah itu dia beberapa gal yang ane temui salama tingal dibali. Semoga menmabah informasi kalian . jika ad yang nambahin tulis saja di kolom komentar. Sekian sampai jumpa lagi di thread ane yang selanjutnya.
Penulis: milleni

Sumber: pengalaman pribadi liburan di bali selama 1 tahun

Gallery for Segala Hal Unik yang Bakal Lo Temui Jika Tinggal di Bali [Hot Thread]

Leave a Reply