Raffi Nagita Buka Indekos Calon Influencer, Minat? Pahami Hal Ini

Kita sering mendengar istilah influencer tapi apakah Anda benar-benar tahu apa yang dimaksud dengan Influencer. Influencer adalah seorang dengan jumlah followers atau pengikut banyak, yang memiliki pengaruh besar kepada audience.

Kabar Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bersama RANS Entertainment akan membuka indekos khusus calon influencer masa depan dinilai sebagai terobosan baru di dunia digital saat ini, minat? jika berminat mari kita cari tahu lebih dalam apa itu influencer.

Berdasarkan ‘Buku Ajar E-Commerce’ oleh Vera Selvina, dkk,’ Digital influence adalah kemampuan mempengaruhi, merubah opini, dan perilaku secara online. Sederhananya, arti influencer adalah mereka yang memiliki pengaruh di sosial media.

Dalam marketing, arti Influencer merupakan strategi pemasaran. Tugas influencer untuk mempengaruhi, merubah opini, dan merubah perilaku audiencenya melalui online, dengan karakter Influencer itu sendiri.

Influencer biasanya mendapatkan promosi dengan endorsement. Endorsement atau endorse dalam bentuk iklan atau promosi yang dilakukan oleh public figure, termasuk influencer.

Manfaat influencer dalam bisnis mampu meningkatkan brand awareness, dan penjualan sesuai target yang ditentukkan perusahaan yang mengajaknya bekerja sama.

Dikutip dari buku bertajuk ‘UMKM Digital Era New Normal’ karya Musnaini, dkk. Berikut jenis-jenis influencer:

1. Influencer Berdasarkan Jumlah Followers

Influencer Mikro

Influencer mikro adalah seseorang yang memiliki jumlah followers 10 ribu orang, atau bahkan di bawah itu. Influencer mikro efektif digunakan untuk promosi produk.

Kekuatan influencer mikro adalah keterikatan (engagement) dengan followersnya. Dengan memahami followersnya, seorang influencer mikro mampu membuat konten yang lebih relevan dengan followersnya.

Influencer Makro

Influencer makro adalah influencer yang memiliki lebih dari 100 ribu followers. Biasanya, influencer makro dikenal luas, walaupun belum seterkenal kalangan selebritis.

Dengan jumlah followersnya, influencer makro berpotensial mempromosikan produk ke lebih banyak orang. Selain itu, dengan menggunakan influencer makro bisa membuat produk atau brand terlihat eksklusif.

Leave a Reply