Pemasangan AC yang Benar. Dingin Merata!!


141

Tips dan Trik Memasang AC Split dengan Benar supaya Hemat Listrik

Sumber : Google (Air Conditioner)

Alphatian.com – Anda salah satu pengguna AC (Air Conditioner)?

Sudah tahu kan bahwa Indonesia merupakan negara beriklim tropis karena terletak pada garis khatulistiwa, hal inilah yang mengakibatkan Indonesia mengalami suhu panas yang relatif tinggi di sepanjang tahun.

Fenomena suhu panas yang berkepanjangan ini menjadikan penggunaan AC (Air Conditioner) terus bertambah dan semakin banyak ditemui di berbagai tempat. Nah, masalahnya sering terjadi di lapangan keluhan berupa AC yang telah terpasang tidak menghasilkan dingin maksimal serta tidak merata pada ruangan.

Padahal Anda dapat mencegah hal tersebut terjadi pada AC Anda loh. Perlu diketahui sebelum melakukan pemasangan AC pada ruangan Anda sebaiknya Anda mencari berbagai referensi mengenai AC Anda, agar tidak perlu mengubah posisi AC lagi setelah dipasang yang tentunya Anda akan mengeluarkan biaya bongkar pasang yang tidak murah.

Sebelumnya AC (Air Conditioner) yang diperjual belikan sekarang ini telah menggunakan sistem split yang terdiri dari dua bagian, yaitu unit indoor dan unit outdoor. Maka Anda tentunya harus mempertimbangkan lokasi pemasangan AC yang tepat untuk memasang masing-masing bagian tersebut.

AC (Air Conditioner) split berkerja dimana, unit indoor terdapat evaporator yang mengubah cairan freon menjadi gas.. Sedangkan unit outdoor terdapat kondensor, kompresor dan katup ekspansi yang mengembalikan wujud gas freon menjadi cair kembali.

Proses perubahan gas menjadi cair ini melalui proses evaporasi serta kondensasi di kedua bagian AC split dimana menghasilkan udara dingin yang keluar dari unit indoor dan udara panas dari unit outdoor.

Yuk cara tahu bersama bagaimana cara pemasangan AC yang tepat!.

Unit indoor disarankan sebagai berikut :

  1. Pemasangan unit indoor disarankan pada posisi membelakangi pintu ruangan agar udara dingin yang dihasilkan tidak cepat keluar saat pintu sering terbuka.
  2. Hindari pemasangan unit indoor di atas perangkat elektronik Anda seperti TV, komputer dan hindari meletakkan di atas area tempat tidur Anda. Hal ini untuk mencegah timbul kesulitan jika perlu melakukan perbaikan dan juga menghindari kerusakan barang-barang tersebut dari teteasan air yang dihasilkan AC jika mengalami kebocoran.
  3. Pastikan unit indoor terpasang pada ketinggian paling tidak 2,5 meter dari lantai. Serta unit indoor jangan terlalu menempel pada plafon ruangan agar sirkulasi udara yang keluar dari unit indoor lebih lancar dan tidak menghambat kualitas udara yang keluar. Beri jarak minimal 15cm dari plafon. Hal ini juga untuk menghindari unit dapat disentuh oleh tangan anak-anak.
  4. Pemilihan tempat pemasangan AC tentu Anda juga harus memperhatikan tata letak ruang tersebut agar tidak merusak tampilan dari ruangan Anda. Tapi juga harus mempertimbangkan kekuatan dinding dimana AC Anda akan dipasang, agar terjadinya risiko unit indoor jatuh lebih kecil.
  5. Lokasi pemasangan juga harus memudahkan kabel-kabel dan pipa-pipa terpasang menuju unit outdoor agar tidak terdapat penumpukan pipa AC yang terlalu banyak.

Unit outdoor disarankan sebagai berikut :

  1. Pastikan posisi unit outdoor tidak terpasang secara terbalik, dimana seharusnya kipas menghadap ke depan, jangan sampai menghadap ke dinding karena akan menghambat kinerja unit outdoor yang menyebabkan oli pelumas mengalir ke kompresor akan masuk ke sirkuit pendingin dan merusak AC Anda.
  2. Pemasangan unit outdoor tentunya harus ditempatkan pada ruang terbuka, kering dan tentunya bebas dari kotoran yang dapat tersangkut pada baling-baling kipas pembuangan unit outdoor Anda. Ingat bahwa unit outdoor mengeluarkan suara berisik dan udara panas jadi jangan sampai mengganggu orang lain di sekitar Anda.
  3. Pastikan juga jarak antara unit indoor dan outdoor Anda tidak terlalu jauh, hal ini untuk mempermudah jika perlu melakukan service atau perawatan pada kedua unit tersebut.
  4. Hindari pemasangan unit outdoor yang terlalu dekat pada jendela ruangan Anda karena akan menghasilkan suara berisik yang mengganggu.

Like it? Share with your friends!

141

0 Comments

Leave a Reply