Jauh lebih kuat dan tangguh dari Meteor, apa ya?


148
Lebih kuat dan Tangguh dari meteor? Apa ini?

Agan dan sista pasti sering denger kalau tinngal di bumi itu nyaman dan aman banget karena bumi punya pelindungnya. Yaaa Atsmofer, atmosfer merupakan sebuah tameng yang membakarmeteor sebelum bisa jatuh dan merusak rumah gansis, terus kalau gitu kenapa roket bisa nyantai-nyantai aja nganterin astronot bolak-balik lewat atmosfer tanpa kebakar dan bahkangimana caranya kita juga bisa berhasil lolos dari radiasi kosmik yang berbahaya.

Jawabannya sebenarnya kita kebakar juga. Nah oke gansis biar kebayang sebelum ngobrolin antariksa lebih jauh, coba gosok kedua telapak tangan gansis dengan cepat terus coba makin cepat lagi. Karena bergesekan pastinya menimbulkan energi panas di tangan dan hal itu jugalah yang terjadi sama pesawat luar angkasa yang harus bergesekan sama udara di atmosfer. Benda ini harus tahan dari gesekan super panas karena melaju dengan super cepat bahkan setara kayak terbang dari Jakarta ke Papua di bawah 6 menit, dan sangking cepetnya  bahkan menekan udara-udara di depannya sampai jadi panas juga.

Lebih kuat dan Tangguh dari meteor? Apa ini?

Tapi kalau gitu gimana caranya para astronot dan pesawatnya bisa selamat? ternyata ada bagian kunci yang namanya perisai panas mirip perisai tameng yang dipakai oleh si kapten Amerika  yang dibuat dari bahan super tangguh dan kuat. Perisai pesawat luar angkasa ini ternyata juga dibuat pakai bahan dan teknologi khusus dan bentuknya juga nggak dibuat lancip biar panas itu menyebar lebih merata.

Lebih kuat dan Tangguh dari meteor? Apa ini?

Perisai panas ini ngelindungin pesawat dan astronot yang ada didalemnya supaya nggak kepanggang waktu menembus atsmofer. Dan karena sangking kuatnya perisai ini bisa menahan suhu sampai hampir setengah panasnya matahari

Lebih kuat dan Tangguh dari meteor? Apa ini?

Oke soal panas sudah jelas. Tapi tantangan selanjutnya gimana dengan radiasi di luar angkasa? Yaa di luar sana astronot mudah terpapar radiasi berbahaya dan jumlahnya itu bisa setara 6.000 kali ronsen sinar-x di dada, mangkanya nggak heran kalau baju astronot di bikin tebel yang dipakai buat jalan-jalan di luar angkasa. Kostum itu bisa sampai 16 lapis dan Selain itu radiasi luar angkasa juga bisa merusak sistem navigasi komputer dan peralatan elektronik lain, tapi hal ini pun udah diantisipasi sama Nasa yang contohnya bisa kita lihat di pesawat luar angkasa orion ( Dibangun untuk misi-misi deep space) jadi saat lewatin gelombang radiasi, orion punya sistem bawaan yang bisa mastiin komputer tetap berfungsi walau ditengah kondisi ekstrim. Kecanggihan Orion ini juga bisa ngilangin karbondioksida dan jaga kelembaban di dalam pesawat.
Lebih kuat dan Tangguh dari meteor? Apa ini?
Jadi makin kebayang kan gansis soal Teknologi roket dan pesawat luar angkasa yang beneran lebih kuat dan Tangguh dari meteor yang habis saat melewati atsmofer. Disadari atau nggak perjalanan luar angkasa makin dekat buat kita ya gansis mungkin 10 20 30 tahun ke depangansis akan ngerasain sendiri naik di dalam roket dan menembus atmosfer bumi, jadi nggak ada salahnya untuk mimpi dulu yee kan hehe.

https://www.kaskus.co.id/thread/617f9920656abd5835698b22/lebih-kuat-dan-tangguh-dari-meteor-apa-ini/?ref=homelanding&med=hot_thread&style=card

Like it? Share with your friends!

148

0 Comments

Leave a Reply