Jakarta Tembus 725 Kasus Covid-19 ‘Omicron’. Perjalanan Luar Negeri jadi Pelaku Terbesar


188

Cegah Omicron, Pelaku Perjalanan Luar Negeri Dicatat Terpisah - Ekonomi  Bisnis.com

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan kasus Covid-19 varian Omicron di DKI Jakarta sudah mencapai 725 kasus. Sebagian besar pasien adalah orang yang baru pulang dari luar negeri.

Widyastuti mengatakan hanya 24,8 persen di antaranya yang merupakan kasus penularan lokal. Hal itu diketahui dari tes whole genome sequencing (WGS) terhadap para pasien Covid-19 di DKI hingga hari ini.

“Data yang kita dapat sampai pagi ini terlaporkan ada 725 kasus positif Omicron di mana 75 persen atau sekitar 545 kasus merupakan PPLN, 180 adalah transisi lokal atau sekitar 24,8 persen,” kata Widyastuti di dalam satu diskusi, Sabtu (15/1).

Widyastuti menuturkan beberapa kasus penularan lokal Covid-19 varian Omicron di Jakarta. Salah satunya penularan di sebuah asrama yang diketahui dari hasil tes PCR di provinsi lain.

Kemudian, ada kasus penularan lokal di Krukut dari orang yang baru bertamasya ke luar kota. Widyastuti berkata Pemprov DKI langsung melakukan penelusuran kontak usai ditemukan varian Omicron di dua kasus itu.

“Kita lakukan tracing dengan cepat kepada semua kontak erat ibu tersebut, itu tentang Krukut,” ujarnya.

Sebelumnya, Indonesia melaporkan penemuan Covid-19 varian Omicron sejak 16 Desember 2021. Sejak hari itu, jumlah kasus Omicron terus meningkat secara berlipat.

Alih-alih membatasi kedatangan orang dari luar negeri, pemerintah justru membuka keran perjalanan internasional. Lewat Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 02/2022, pemerintah tidak lagi menerapkan larangan masuk dari negara-negara yang menjadi pusat penularan Covid-19 varian Omicron.

“Jika pengaturan pembatasan daftar negara masih tetap ada maka akan menyulitkan pergerakan lintas negara yang masih diperlukan untuk mempertahankan stabilitas negara termasuk pemulihan ekonomi nasional”, ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito lewat keterangan tertulis, Jumat (14/1).

 

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220115104204-20-747005/dki-tembus-725-kasus-omicron-terbesar-pelaku-perjalanan-luar-negeri

Like it? Share with your friends!

188

0 Comments

Leave a Reply