Ini 9 Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Ketika Tidak Berfungsi

Layar hp sering kali luput dari perawatan. Padahal layar hp sama pentingnya dengan fitur-fitur ponsel lainnya. Ketika rusak, error, bahkan tidak berfungsi, Anda tentu tidak bisa menggunakannya sama sekali.

Apabila touchscreen ponsel Anda tidak mau menjalankan perintah, ada sejumlah cara mengatasi layar sentuh hp tidak berfungsi sebelum dibawa ke tempat servis.

Beberapa langkah berikut bisa Anda lakukan manual jika layar ponsel mengalami gangguan secara tiba-tiba. Lain halnya jika layar HP rusak total karena benturan keras sehingga butuh penanganan lebih.

Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Tidak Berfungsi

Cara Menghilangkan Goresan di Layar HP Mudah - metroandalas.co.id

 

Berikut ini cara mengatasi touchscreen atau layar sentuh yang tidak berfungsi di hp Android dikutip dari berbagai sumber yang bisa Anda coba.

1. Muat Ulang Ponsel

7 Tips Aman "Nge-charge" Baterai Ponsel Berkapasitas BesarCara ini sangat mendasar namun efektif bagi layar HP yang tiba-tiba tidak berfungsi. Biasanya, dalam kasus ini, baterai HP yang terlalu panas dan banyaknya aplikasi yang dijalankan menjadi penyebab layar ponsel tidak bisa disentuh sama sekali.

Terdapat dua cara memuat ulang atau restart HP di Andorid. Pertama, tekan tombol daya beberapa detik, lalu akan muncul pilihan Daya Mati, Muat Ulang, dan Mode Darurat. Tekan pilihan Muat Ulang.

Namun, jika cara itu tidak berhasil, tekan tombol daya ponsel sampai perangkat tersebut mati.

2. Bersihkan Touchscreen dan Screen Protector

Dilansir dari Lifewire, salah satu penyebab layar HP tidak berfungsi karena terdapat debu atau partikel lain yang terselip antara layar HP dengan screen protector atau pelindung layar.

Hal tersebut biasanya terjadi karena pelindung layar tidak diganti bertahun-tahun. Anda bisa membersihkannya dengan kain bebas serat yang lembap.

3. Aktifkan Safe Mode

Dalam beberapa kasus, penyebab layar HP tidak responsif karena program atau aplikasi pihak ketiga yang baru saja Anda unduh. Dengan mengaktifkan safe mode atau mode aman, Anda dapat menjalankan ponsel tanpa aplikasi yang berbahaya.

Jika layar HP dapat berfungsi dalam mode aman, kemungkinan besar ada masalah dengan beberapa aplikasi atau program yang baru Anda unduh.

Untuk mengaktifkan safe mode, tekan tombol power beberapa detik, lalu pilih mode darurat atau mode aman. Untuk keluar dari mode tersebut, lakukan langkah yang sama.

Gallery for Ini 9 Cara Mengatasi Layar Sentuh Hp Ketika Tidak Berfungsi

Leave a Reply