Daftar Tim Lolos Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia

Jepang dan Arab Saudi masuk daftar tim lolos Piala Dunia 2022 Qatar. Hal ini terjadi usai Samirai Biru mengatasi perlawanan tuan rumah Australia 0-2 pada Kamis (24/3/2022) di Stadion Australia, Sydney.
Brace (2 gol) Kaoru Mitoma, winger Union SG (Belgia) memastikan Jepang mengoleksi 21 poin di klasemen Kualifikasi Piala Dunia zona Asia Grup A. Poin Samurai Biru –dan Arab Saudi– sudah tidak terkejar lagi oleh Australia.

Dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, hanya 4 tim yang akan otomatis lolos ke Qatar. Mereka adalah juara dan runner-up Grup A & B. Saat ini, seluruh posisi tersebut sudah diisi. Ada Korea Selatan dan Iran yang lolos dari Grup A, ditambah Jepang dan Arab Saudi dari Grup B.

Meskipun demikian, masih ada 1 tiket yang bisa diamankan oleh wakil Asia, yaitu play-off interkontinental. Untuk mendapatkan tiket ini, sebuah tim harus mendapatkan peringkat 3 di Grup A dan B. Kedua tim tersebut akan diadu dalam ronde keempat yang dimainkan di Doha, Qatar. Peringkat ketiga Grup A belum ditentukan, tetapi sudah dipastikan bahwa peringkat ketiga Grup B adalah Australia.
Meski harus bermain tandang ke Sydney, Jepang sama sekali tidak menunjukkan tanda-tanda gentar. Belum juga laga berjalan semenit, penyerang Liverpool, Takumi Minamino sudah melepaskan tembakan 15 yard yang merepotkan penjaga gawang Matthew Ryan. Minamino masih mengancam lagi dengan 2 upaya yang mengenai tiang dalam 45 menit awal.

Australia yang tampil tidak menggigit, sempat mencetak gol pada menit 28 melalui gelandang bertahan Gianni Stensness menyambut tendangan sudut. Namun, gol ini tidak disahkan wasit atas gangguan terhadap kiper Samurai Biru, Shuichi Gonda.

Pada akhirnya, Jepang yang berbicara. Menit 89, Miki Yamane mengirim umpan untuk Kaoru Mitoma yang masuk sebagai pemain pengganti. Sang winger mampu menundukkan Matt Ryan. Gol tersebut dilanjutkan dengan aksi kedua Mitoma pada injury time.

Jepang saat ini mengoleksi 21 poin dari 9 pertandingan. Jumlah tersebut sudah tidak mungkin terkejar Australia yang hanya mengoleksi 15 poin. Pasalnya, tinggal 1 laga tersisa, dan angka maksimal yang bisa diperoleh The Socceroos adalah 18 poin.

Kemenangan Jepang di Sydney membantu Arab Saudi yang saat itu belum bertanding dengan Cina. Tanpa perlu menyelesaikan laga ke-9, The Green Falcons sudah otomatis lolos. Pasalnya, Arab Saudi hingga laga ke-8 sudah punya 19 angka. Ini akan melampaui Australia bahkan meski The Socceroos memenangi partai terakhir mereka.

Di sisi lain, Australia juga sudah menyegel tiket play-off ronde keempat zona Asia. Tim tersebut mengoleksi 15 angka.

Jumlah ini sudah tidak bisa dikejar oleh Oman (11 angka), Cina (5 angka), dan Vietnam (3 angka). Oman sendiri pada Kamis (24/3) ini bisa menggulung Vietnam di Hanoi dengan skor tipis 0-1. Namun, perjuangan mereka sia-sia.

Leave a Reply