Cara Obati Asam Lambung dengan Kunyit

Menderita asam lambung atau gerd merupakan suatu hal yang sangat mengganggu karena menimbulkan gejala sakit yang beranekaragam.

Gejala yang ditimbulkan akibat asam lambung adalah nyeri ulu hati, heartburn, begah, mual, kembung, hingga sesak nafas.

Jika mengalami penyakit gerd atau asam lambung maka yang menjadi sasaran adalah saluran pernapan yaitu tenggorokan, akan mengalami berbagai gangguan seperti batuk dan lainnya.

Makanya penderita asam lambung atau gerd perlu segera mendapatkan penanganan.

Khusus bagi yang menginginkan pengobatan secara alami atau dari herbal ada bahan yang patut dicoba.

Yaitu pengobatan menggunakan bahan dasar kunyit yang merupakan bahan alami.

Manfaat kunyit selama ini dikenal luas sebagai obat tradisional untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan.

Salah satunya, kunyit dipercaya ampuh digunakan sebagai obat asam lambung alami.

Sebelum mengupas cara mengobati asam lambung dengan kunyit, simak penjelasan manfaat kunyit untuk asam lambung berikut.

Kandungan Kunyit Untuk Asam Lambung

Dilansir dari Healthline, kunyit adalah bahan alami yang banyak mengandung senyawa antiperadangan dan antioksidan.

Dalam pengobatan tradisional China dan Ayurveda, kunyit dipercaya bisa mengobati nyeri haid, radang sendi, sampai menjaga kesehatan pencernaan.

Beragam manfaat kunyit untuk kesehatan tersebut terkait dengan kandungan zat curcumin di dalam rempah berwarna kuning ini.

Curcumin adalah jenis antioksidan polifenol. Antioksidan ini bertindak sebagai agen antivirus, antibakteri, dan potensial sebagai zat antikanker.

Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan, manfaat kunyit dapat digunakan untuk mengatasi gejala asam lambung naik seperti heartburn (sakit perut atas sampai ke dada).

Penelitian pada 2007 menyebutkan, GERD atau penyakit asam lambung kronis disebabkan peradangan dan stres oksidatif.

Dari studi tersebut, mengobati asam lambung dan GERD perlu menggunakan zat dengan kandungan antioksidan dan antiinflamasi seperti kunyit.

Studi laboratorium terpisah pada 2011 juga menunjukkan, zat antiinflamasi curcumin dapat mencegah peradangan esofagus yang disebabkan naiknya asam lambung ke tenggorokan.

Kendati sudah ada beberapa penelitian potensi manfaat kunyit sebagai obat asam lambung alami, sayangnya hingga kini belum ada studi khusus pada manusia yang menguji efektivitas kunyit untuk penyakit asam lambung.

Namun, ada satu studi yang mengaitkan manfaat tak langsung kunyit untuk mengatasi penyakit asam lambung naik atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Leave a Reply