7 Teh Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan saat Pandemi Covid-19

Pasien Covid-19 varian Omicronbanyak mengalami gejala di area saluran pernapasan atas termasuk sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman hingga kesulitan menelan.

Namun Anda bisa mengandalkan teh untuk meredakannya. Berikut teh yang ampuh meredakan sakit tenggorokan.

“Cairan panas atau hangat seperti teh dapat membantu dengan menenangkan selaput lendir tenggorokan, dan terkadang dengan kehangatan atau panas, meningkatkan aliran darah ke jaringan,” kata Paul Kwak, ahli otolaringologi, di NYU Langone Voice Center, seperti dikutip Women’s Health Magazine.

Robert Glatter, dokter UGD di Lenox Hill Hospital, New York City, menambahkan teh plus madu akan membuat minuman lebih nikmat dan menenangkan tenggorokan. Madu juga berfungsi meringankan rasa sakit.

Kemudian, teh apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan ampuh meredakan tenggorokan? Berikut teh yang dipercaya ampuh meredakan sakit tenggorokan.

Sumber: Google (Berbagai bahan membuat Teh)

1. Teh hijau

Teh hijau selalu jadi salah satu pilihan terbaik saat Anda memerlukan minuman yang menenangkan baik untuk urusan sakit tenggorokan maupun mood.

Biasanya teh hijau diseduh begitu saja tanpa tambahan gula atau apapun. Namun untuk menambah rasa sekaligus manfaat, berikan sedikit perasan lemon dan madu.

“Riset mengindikasikan bahwa teh hijau memiliki efek anti inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan jaringan tenggorokan,” kata Glatter.

2. Teh hitam

Jika biasanya Anda sarapan kopi, kali ini ganti sementara dengan teh hitam. Teh hitam terbilang lebih kental daripada teh hijau sehingga mampu memberikan efek ‘melek’ di pagi hari dan meredakan sakit tenggorokan.

“Teh hitam mengandung komponen yang disebut tanin yang membantu mengurangi inflamasi dan meredakan rasa sakit pada nyeri tenggorokan,” ujar Glatter.

Gallery for 7 Teh Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan saat Pandemi Covid-19

Leave a Reply