5 Fakta Dokter Louis, Dokter YangTak Percaya Covid-19


153
Dokter Louis Owien. (istimewa)

Dokter Louis Owien diperbincangkan di internet, media massa, dan media televisi karena kemunculannya yang kontroversial mengaku tak percaya adanya Covid-19.

 

Pernyataan itu dilontrakan dokter Louis saat menjadi bintang tamu dalam acara talk show yang diunggah di kanal Youtube Hotman Paris Official, Jumat 9 Juli 2021.

Ketika itu Hotman Paris mengajukan pertanyaan tentang pendapat dokter Louis soal Covid-19. Selanjutnya, dia dengan lantang menjawab tak percaya sama sekali dengan adanya Covid-19.

Berikut ini 5 fakta mengenai dr Lois Owien:

1. Tidak percaya Covid-19

Dokter Louis Owien menyebut secara gamblang soal Covid-19 yang dianggapnya bukan merupakan virus. Lewat Twitter, ia kerap membagikan cuitan opininya mengenai hal tersebut.

“Yakin Virus Covid19 mematikan?? Terimalah hukuman masing2 sesuai pemikiran Anda! Percaya Covid19 virus menular? Anda masuk jebakan setan! Covid19 Bukan Virus dan Tidak Menular!!!!” tulisnya di Twitter.

Dokter Louis menyebut Covid-19 hanyalah fitnah belaka. Menurutnya, banyak orang sakit karena disinfektan yang sering disemprotkan selama masa pandemi.

Dokter Louis juga menolak keras aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari pemerintah. Ia mencurigai pemerintah yang membatasi aktivitas masyarakat pada 3-20 Juli 2021.

2. Menantang publik

Tak hanya blak-blakan menyangkal Covid-19 di acara televisi, dokter Louis semakin gencar menyuarakan pendapatnya di media massa. Banyak warganet menghujat perempuan itu, namun ia justru menantang orang-orang yang membantah opininya. Ia bahkan memberikan nomor handphone yang dapat dihubungi.

“Bicara Tidak percaya Covid19 di TV Nasional tanpa di ciduk??Tidak percaya Covid19 adalah Virus tapi aman2 saja. 1000 tangan ingin menjatuhkan
Tapi Cukup 1 Tangan Tuhan yg menopang. Siapa berani Terima tantangan debat ilmiah Live dengan saya??” tuturnya.

“082112410***. Ketemu langsung ya Pak,” ucapnya kepada salah satu akun warganet.

3. Menghina dokter Tirta

Dokter Louis turut menghina dokter Tirta Mandira Hudhi yang menurutnya hanya menjalankan propaganda. Ia menyebut dokter Tirta serta para tenaga kesehatan telah menyebarkan ketakutan kepada masyarakat.

“Nakes2 spt dr.Tirta di latih menjadi alat Propaganda ketakutan dengan memuja alat setan yg seharusnya tidak pernah di benarkan sbg diagnosa utama!!” ucapnya.

“dr.Tirta bukanlah lawan debat yg sebanding.Hanya membuat saya terlihat Bodoh jika meladeni Dokter2 idiot!” sambungnya.

4. Tidak Terdaftar IDI

Kerap berseteru dan saling menyenggol, dokter Tirta akhirnya buka suara mengenai status dokter Louis yang menurutnya saat ini masih dipertanyakan.

Bahkan setelah dikonfirmasi, dokter Louis ternyata tidak terdaftar sebagai anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Ibu Louis ini mengaku sebagai dokter. Setelah dikonfirmasi ke ketua IDI Pusat dr Daeng dan saya konfirmasi ke ketua MKEK yaitu dr Pukofisa, beliau mengatakan bahwa dr Lois tidak terdaftar di anggota IDI. Semua dokter di Indonesia harus terikat dalam organisasi profesi IDI,” ungkap dr Tirta dalam unggahan videonya di Instagram.

“Ingat, ibu Louis tidak terdaftar sebagai anggota IDI. Status dokternya dipertanyakan, STR (Surat Tanda Registrasi) beliau tidak aktif sejak 2017,” sambungnya.

5. Dipanggil IDI

Terkait kontroversi yang ditimbulkan, Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) akhirnya melakukan pemanggilan kepada dokter Louis.

Hingga saat ini MKEK IDI tengah menunggu respons dari dokter Louis. Ia juga belum dapat memastikan apakah hal tersebut akan dibawa ke jalur hukum atau tidak.

“MKEK sedang panggil yang bersangkutan (dokter Louis). Kami menunggu respons yang bersangkutan,” ucap Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Daeng M Faqih, dikutip dari CNN Indonesia.

Daeng M Faqih juga mengatakan bahwa kini dokter Louis tidak lagi terdaftar sebagai anggota IDI karena keanggotaannya sudah kadaluwarsa.


Like it? Share with your friends!

153

0 Comments

Leave a Reply